HAKIKAT LINGKUNGAN BELAJAR ANAK USIA DINI

Bapak, Ibu, Mahasiswa dan sahabat sekalian di manapun berada berikut ini adalah materi pertama mata kuliah Pengelolaan Kelas Anak Usia Dini yang diampu oleh Dr. M. Fadlillah, M.Pd.I. Materi ini secara singkat menguraikan tentang hakikat lingkungan belajar, tujuan dan manfaat pengelolaan kelas sebagai lingkungan belajar anak usia dini. Tidak perlu berlama-lama silahkan baca dan pelajari penjelasan di bawah ini: 

Kelas merupakan bagian dari lingkungan belajar anak usia dini. Kelas mempunyai kedudukan yang sangat penting bagi pertumbuhan maupun perkembangan anak. Oleh karena itu, kelas harus dikelola dengan baik supaya dapat menjadi lingkungan belajar yang ideal bagi anak usia dini

Pengertian Lingkungan Belajar

Lingkungan belajar adalah suatu tempat yang dapat dijadikan sebagai sarana belajar anak yang dapat membantu menstimulasi perkembangannya. Lingkungan adalah guru ketiga bagi anak. Melalui lingkungan, anak dapat belajar banyak hal, seperti: kebersihan, kerapian, disiplin, kemandirian, dan semangat pantang menyerah. Dorothy Law Nolte menyebutkan bahwa “Dari lingkungan hidupnya, anak belajar”.

Lingkungan belajar anak usia dini harus dikelola dengan baik, supaya dapat digunakan sebagai tempat dan sumber pembelajaran. Pengelolaan lingkungan belajar yang baik menjadikan pembelajaran lebih efektif dan efisien. Dengan demikian tujuan pembelajaran akan lebih mudah tercapai.

Tujuan Pengelolaan Kelas

Ada beberapa tujuan pengelolaan kelas dalam pembelajaran anak usia dini, di antaranya:
1. Untuk mendukung pencapaian hasil belajar yang telah ditetapkan.
2. Untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan inspirasi.
3. Untuk membantu merangsang kreativitas dan peran aktif anak dalam proses pembelajaran.
4. Untuk mendorong dan membantu anak dalam bereksplorasi, bereksperimen, dan memanipulasi benda dan alat main secara bermakna dan menyenangkan.

Manfaat Pengelolaan Kelas

Ada beberapa manfaat pengelolaan kelas dalam pembelajaran anak usia dini, di antaranya:
1. Dapat mempermudah dalam pencapaian hasil belajar anak.
2. Dapat mecintakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi anak.
3. Dapat melatih anak dalam berkreativitas.
4. Dapat mendorong anak hidup bersih, rapi, disiplin, dan mandiri.
5. Dapat mendorong anak belajar secara aktif dan menyenangkan.  

Sumber:
Dikpempaud. (2015). Pengelolaan Kelas Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemendikbud.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar