TUGAS KULIAH DR. M. FADLILLAH, M.PD.I

Berikut tugas masing-masing mata kuliah yang saya ampu. Silahkan baca dan pelajari dengan teliti. Selamat mengerjakan, semoga berhasil!

Petunjuk:
1. Silahkan dicari nama mata kuliah yang sesuai
2. Baca dan pahami tugas dengan cermat
3. Kerjakan tugas sesuai dengan ketentuan, yaitu: a. tugas diketik dalam kertas A4; b. tuliskan nama dan nim; dan c. Subject email ditulis Nama_matakuliah. contoh: Andi_Nama mata kuliah
4. Perhatikan batas waktu maksimal pengiriman tugas.
5. Ada pertanyaan mengenai tugas, silahkan hubungi melalui WA

TUGAS BAKAT DAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI
(Prodi PGPAUD UNMUH Ponorogo)

Tugas Pertemuan 4-5
1. Silahkan modul kreativitas anak usia dini yang telah saudara baca diresume menjadi 4-5 halaman.

Tugas Pertemuan 6-7
1. Tuliskan isi singkat tentang kreativitas dari masing-masing artikel yang sudah saudara baca!
2. Buatlah video singkat mengenai pembelajaran yang dapat merangsang atau mengembangkan kreativitas anak usia dini. Video diupload di youtube atau google drive dan sejenisnya, kemudian linknya dikirimkan ke email beserta tugas lainnya.

TUGAS PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAUD
(Prodi PGPAUD UNMUH Ponorogo)

Tugas Pertemuan 4-5
1. Jelaskan pengertian program semester dan sebutkan komponen-komponennya!
2. Buatlah program semester untuk semester 1 dan 2 sesuai contoh yang ada dimateri.

Tugas Pertemuan 6-7
1. Jelaskan pengertian rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan (RPPM) dan sebutkan komponen-komponennya?
2. Buatlah RPPM untuk semester 1 dengan tema: diri sendiri, lingkunganku, kebutuhanku, binatang dan tanaman?

TUGAS PENGELOLAN PROGRAM KEGIATAN TK
(Prodi PGPAUD UNMUH Ponorogo)

Tugas Pertemuan 4-5
1. Silahkan baca buku petunjuk teknis penyelenggaraan taman kanak-kanak
2. Buatlah resume dari buku petunjuk teknis penyelenggaraan taman kanak-kanak

Tugas Pertemuan 6-7
1. Silahkan baca buku petunjuk teknis program holistik-integratif PAUD
2. Buatlah Slideshow berisi profil dan foto-foto kegiatan lembaga TK masing-masing. Adapun ketentuannya sebagai berikut:
    a. Bagi yang lembaga TK sama buatlah dengan foto-foto kegiatan yang berbeda.
    b. Setiap slide foto harus diberi keterangan kegiatan
    c. Di awal slideshow jangan lupa tuliskan judul (Misal: program kegiatan TK Pertiwi tahun 2019), nama mata kuliah (Misal: tugas mata kuliah pengelolaan program kegiatan taman kanak-kanak), nama dan nim mahasiswa, serta dituliskan prodi pgpaud fkip unmuh Ponorogo
    d. Silahkan upload slideshow di youtube atau google drive atau sejenisnya. Kemudian link slideshow tersebut dikirim ke email saya.

TUGAS NEUROLOGI DALAM PEMBELAJARAN
(Jurusan PIAUD IAIN Ponorogo)

a.       Tugas pertemuan ke 8:
1)    Jelaskan apakah yang dimaksud otak triun!
2)    Siapakah tokoh yang mempopulerkan teori otak triun! Uraikan biografi singkatnya!
3)    Sebutkan dan jelaskan bagian-bagian otak triun beserta fungsinya!
4)    Bagaimana implementasi otak triun dalam pembelajaran AUD?
b.      Tugas pertemuan ke 9:
1)    Jelaskan apakah yang dimaksud teori multiple intelligence dan kontruktivisme, disertai dengan tokohnya!
2)    Mengapa kedua teori tersebut dapat digunakan untuk pembelajaran berbasis otak?
3)    Sebutkan dan jelaskan macam-macam multiple intelligence!
4)    Bagaimana implementasi multiple intelligence dalam pembelajaran AUD
c.       Tugas pertemuan ke 10:
1)    Jelakskan yang dimaksud otak kanan dan otak kiri!
2)    Bagaimana fungsi dan perbedaan otak kanan dan otak kiri?
3)    Sebutkan tiga contoh metode pembelajaran PAUD yang dapat menstimulasi otak kanan dan/atau otak kiri!

TUGAS PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN SENTRA
(Jurusan PIAUD IAIN Ponorogo)

Setelah Saudara membaca dan mempelajari tiga artikel tentang model pembelajaran sentra yang saya berikan. Silahkan saudara membuat KONSEP MODEL PEMBELAJARAN SENTRA untuk anak usia dini. Tugas dibuat dalam bentuk artikel minimal 5 halaman dan maksimal 10 halaman. Untuk mempermudah silahkan pilih salah satu judul di bawah ini:
1. Konsep model pembelajaran sentra untuk anak usia dini berkebutuhan khusus
2. Konsep model pembelajaran sentra berbasis budaya
3. Konsep model pembelajaran sentra berbasis alam
4. Konsep model pembelajaran sentra berbasis karakter
5. Konsep model pembelajaran sentra berbasis agama
atau judul lain sesuai yang Saudara inginkan.



1 komentar: