BERMAIN DAN PERMAINAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA SOCIETY 5.0

Bermain dan permainan sangat penting bagi anak, lebih-lebih di era society 5.0. Bermain dan permainan dapat dijadikan sarana untuk pendidikan karakter bagi anak.Lantas seperti apa bermain dan permainan bisa menstimulasi karakter anak? Bagaimana mengimplementasikan dalam pembelajaran anak usia dini di era society 5.0? Berikut rangkuman materi yang disampaikan Dr. M. Fadlillah, S.Pd., M.Pd.I., pada acara Kuliah Umum Permainan Era Society 5.0 Berbasis Pendidikan Karakter pada hari Sabtu, 25 Februari 2023 bertempat di Auditorium  UKWM Surabaya kampus Kalijudan. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Prodi PGPAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolok Widya Mandala Surabaya. Acara ini akan dilaksanakan

Dr. M. Fadlillah, S.Pd.I., M.Pd.I., adalah dosen Universitas Trunojoyo Madura dan penulis buku-buku PAUD Nasional Best Seller. Pada kuliah umum tersebut beliau memaparkan bahwa era society 5.0 memiliki tantangan dan permasalahan terhadap perkembangan karakter anak usia dini. Permasalahan dan tantangan yang sangat menonjol dan harus menjadi perhatian bersama adalah 1) anak mudah mengakses dan terbiasa dengan teknologi seperti internet dan gadget; 2) banyak anak kecanduan game online dan/atau youtube; dan 3) internet/gadget dapat mengancam kesehatan, kecerdasan, dan perilaku anak. Di samping itu, beliau juga menampilkan data penggunaan gadget pada anak-anak di Indonesia yang jumlahnya sangat besar. Padahal internet atau gadget apabila digunakan secara berlebihan sangat berbahaya bagi perkembangan anak. Ada beberapa dampak negatif dari gadget, di antaranya: Anak kurang konsentrasi, anak kurang sosial (suka menyendiri), anak kurang motivasi, akses informasi tanpa seleksi, anak malas gerak (mager), anak menjadi pribadi tertutup, gangguan tidur, rawan perilaku kekerasan, pudarnya kreativitas, dan ancaman cyberbullying.

Untuk mengurangi anak ketergantungan pada gadget, Dr. M. Fadlillah, S.Pd.I., M.Pd.I., menawarkan solusi dengan memberikan dan memfasilitasi anak dengan kegiatan bermain/permainan aktif. Menurutnya bermain dan permainan yang dapat menumbuhkan karakter anak usia dini ialah bermain/permainan yang dapat memicu eksplorasi, melatih eksperimen, mengenalkan imitasi, dan membiasakan adaptasi. Selain itu, pada era society 5.0 ini yang perlu dilakukan orangtua maupun guru, ialah: 1) melakukan pengembangan dan inovasi APE sesuai zamannya; 2) mengenalkan dan memfasilitasi anak dengan permainan tradisional; dan 3) menyempatkan diri bermain dengan anak-anak secara bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar